Ads Header

Pages

Selasa, 17 Agustus 2010

India Buat Produsen Laptop Ketar Ketir

India baru-baru ini meluncurkan komputer tablet yang harganya hanya US$35 atau hanya Rp315 ribu. Laptop murah itu ditujukan untuk segmen pelajar di negerinya.
Dengan fasilitas layar sentuh yang dimilikinya, komputer tablet seharga US$35 tersebut rencananya akan mulai diproduksi pada 2011. Bentuknya seperti iPad. Namun harganya hanya seperempatbelasnya.

“Capaian India tersebut membuat seluruh produsen komputer tablet akan berlomba menekan ongkos produksinya dan berinovasi dalam harga,” ungkap Sarah Rotman, analisis IT dari Forrester Research.

“Itu dapat dicapai India karena bahan yang mereka pilih. Itu masuk akal. Namun apakah bahan tersebut cukup baik untuk siswa?” tambah Sarah

Sama seperti komputer tablet lainnya, laptop murah buatan India dapat digunakan untuk membuat dokumen, berselanjar di internet, bahkan melakukan konferensi video.

Namun yang membedakannya, komputer tablet produksi India tersebut dapat dipasangi fitur unggulannya sehingga dapat menggunakan cahaya matahari sebagai sumber dayanya meski harus menambah biaya.

“Ini adalah jawaban kami terhadap komputer US$100 yang sebelumnya diluncurkan MIT (Massachusetts Institute of Technology) Amerika Serikat,” ungkap Menteri Sumber Daya Manusia India Kapil Sibal.

Rencananya, pemerintah India akan memberikan subsidi lagi kepada murid sekolahnya yang membeli komputer tablet tersebut. Nantinya, dengan subsisi pemerintah murid-murid sekolah di India dapat mendapatkan komputer tablet seharga US$20.

Nantinya, komputer tablet tersebut akan semakin membuat India dikenal akan inovasinya dalam mengembangkan produk dengan harga yang sangat terjangkau, setelah sebelumnya meluncurkan mobil termurah di dunia, melalui Tata Nano-nya.

Selain Tata Nano, India juga telah memiliki sebuah perangkat pemurni udara (water purifier) yang dijual seharga US$16 dan paket operasi jantung dengan harga US$2 ribu. (Mar/AP/OL-9)

Penulis : Mario Aristo

0 komentar:

Posting Komentar